Berniat Membuat Id Card? Berikut Informasi yang Harus Dicantumkan Dalam Sebuah Id Card

 

Infoproduksi.com – ID Card merupakan salah satu atribut yang diberikan perusahaan kepada para karyawannya atau dibuat oleh panitia sebuah acara sebagai identitas panitia yang bersangkutan serta tanda sahnya seseorang menjadi peserta dalam acara tersebut. Pembuatan ID Card umumnya dilengkapi dengan tali ID Card yang berfungsi untuk mempermudah pemiliknya dalam menempatkan ID Card tersebut sehingga orang lain dapat melihat informasi yang tercantum dengan jelas. Tali tersebut dihubungkan ke holder dari plastik atau kulit sehingga id card terlihat lebih rapi dan tidak mudah rusak.

3 Informasi Utama yang Harus ada Pada Sebuah Id Card

1. Nama Pemilik yang Disertai Foto

Informasi paling utama yang harus dicantumkan dalam sebuah ID Card adalah nama. Nama menjadi penting karena dapat digunakan sebagai identitas atau tanda pengenal dan setiap individu memilikinya. Meski begitu, nama tidaklah cukup mana kala id card terlepas dari tali ID Card sehingga hilang dan ditemukan orang lain. Oleh sebab itu, foto harus ditambahkan di atas nama dengan ukuran yang cukup besar agar terlihat.

2. Jabatan yang Diemban

Informasi kedua yang harus ada pada sebuah ID Card adalah jabatan. Informasi jabatan ini bisa berupa di divisi apa pemilik id card yang bersangkutan ditempatkan di suatu perusahaan atau jabatan apa yang diemban sang pemilik dalam sebuah struktur kepanitian acara tertentu. Informasi mengenai jabatan biasanya disimpan di bawah foto dan nama serta dibuat dengan font yang berukuran lebih kecil dari font nama.

3. Logo Perusahaan atau Penyelenggara Acara

Informasi utama yang tak kalah penting dari nama, foto, serta jabatan adalah logo perusahaan tempat pemilik bekerja atau suatu penyelenggara acara tempat pemilik menajdi panitia atau peserta di dalamnya. Logo ditempatkan di posisi paling atas ID Card dan biasanya dilengkapi dengan informasi tambahan mengenai alamat perusahaan atau website yang dapat dikunjungi di bagian paling bawah. Jika ID Card dibuat bolak balik, logo juga dapat ditambahkan di bagian belakang atau dicetak di sepanjang tali ID Card dalam bentuk tulisan nama perusahaan yang bersangkutan saja.