5 Cara Closing Penjualan Online yang Terbukti Efekif

Cara Closing Penjualan Online

Teknis closing pada penjualan online maupun konvensioal adalah adalah titik strategis yang merupakan penentu keberhasilan sebuah proses marketing

Pada dasarnya cara closing penjualan online tidak jauh berbeda dengan cara melakukan closing pada penjualan konvensional. Pada tahap ini, seorang penjual dituntut untuk meyelesaikan proses nego dan tanya jawab dari calon pembeli dengan sebuah transaksi jual beli. Ini terdengar sangat sederhana, namun dalam pelaksanaannya tidak semua penjual baik secara konvensional lebih-lebih secara online, mengerti dan paham teknik closing yang efektif.

Bagaimana Cara Closing Penjualan Online yang Efektif?

Ada banyak cara dan teknis panduan yang dilakukan sebagai cara melakukan penjualan online dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Layout toko online yang bagus, produk yang berkualitas, tim marketing yang hebat, dapat saja tidak dapat menunjukkan performance maksimal jika tidak didukung oleh teknis closing yang efektif. How to closing pada aktivitas penjualan online seringkali tampil menjadi penentu dari proses panjang menuju penjualan kepada konsumen.

Jadi bagaimana cara melakukan closing penjualan online yang efektif dan maksimal? Berikut adalah lima teknis paling umum yang dapat dilakukan untuk meng-improve-nya.

Jual alasan, jangan hanya produk

Langkah pertama yang harus diambil dalam memasarkan dan juga melakukan closing adalah dengan masuk ke perasaan calon pembeli melalui menghadirkan alasan mengapa produk kita harus mereka beli.

Motto ‘dont sell logic but sell emotions’ ada benarnya pada langkah yang pertama ini.  Dengan memanfaatkan perasaan pembeli berdasarkan alasan mengapa produk kita harus mereka miliki, biasanya akan membuat calon pembeli segera melakukan transaksi.

Sodorkan alasan mengapa calon pembeli harus segera membeli

Beberapa calon pembeli kadang menghindar melakukan pembelian dengan berbagai alasan fiktif hanya untuk mengakhiri percakapan. Belum memiliki uang, masih ragu dengan produk yang dijual, sampai kepada merasa kurang yakin dengan penjualnya.

Dan jika alasan seperti ini yang ditemukan pada proses negoisasi, maka dorongan closing yang dapat dilakukan adalah dengan mengedepankan alasan mengapa produk yang kita jual harus miliki saat itu juga.

Cara Closing Penjualan Online

Menempatkan empati dan perasaan diatas pertimbangan logis pada teknis closing seringkali efektif dan berbuah penjualan

Buat calon pembeli merasa istimewa

Langkah ini seperti membuat calon pembeli seolah-olah adalah orang penting yang layak mendapatkan keistimewaan. Metodenya bisa dengan memberikan diskon tertentu, memberikan bonus dalam bentuk free ongkos kirim, atau pada moment yang lebih tepat misalnya berkaitan dengan hari spesial calon pembeli.

Seorang pembeli yang merasa diistimewakan akan cenderung lebih mudah melakukan pembelian. Namun ada batasan untuk memberi keistimewaan pada langkah ini.

Pujian dan sanjungan memang dibenarkan. Namun cara closing penjualan online dengan hanya memperbanyak pujian sebagai jalan untuk mengistimewakan calon pembeli supaya terjadi closing order, bukanlah metode yang efektif.

Gambarkan bahwa produk yang kita jual adalah tentang calon pembeli

Ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan membuat calon pembeli merasa begitu diistimewakan. Kemampuan seorang sales person untuk membuat produk yang ia jual sebagai manifestasi sempurna dari calon pembeli seringkali berbuah penjualan.

Baca Juga : Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa, Dijamin Cocok!

Ini adalah kemampuan kreativitas di mana marketing strategi memanfaatkan peluang apa dari produk yang bisa ditransformasikan sebagai gambaran pribadi sang calon pembeli.

Seorang sales person bisa membidik hobi, idealisme, pendapat, bahkan koleksi calon pembeli untuk mendapatkan momentum ini. Kemampuan mengajukan pertanyaan yang sesuai lalu mendengarkan jawaban calon pembeli umumnya adalah bagian paling efektif pada langkah ini.

Ingat bahwa kita menjual kepada manusia, bukan mesin.

Langkah ini lebih men-drive kepada perasaan calon pembeli sekaligus juga batasan-batasan yang dapat dilakukan oleh seorang sales marketing.

Dengan tetap menyadari bahwa calon pembeli produk yang dijual adalah manusia, ia secara tidak langsung akan membangkitkan empati, perasaan, dan juga teknis yang lebih humanis. Dan karena cara closing penjualan online lebih banyak berbicara tentang perasaan dan alasan, maka faktor-faktor ini pulalah kemudian yang menjadi penentu terjadinya proses transaksi.