Cara dan Tips Mudah Riset keywoard Untuk Sebuah Blog

Seringkali para penulis blog terjun tanpa mempelajari dasar-dasar penulisan online terlebih dahulu. Penulisan online memiliki beberapa aturan tidak tertulis. Aturan yang lebih mirip dengan filter atau penyaring apakah sebuah tulisan mampu bersaing dengan tulisan lain atau tidak. Salah satu aturan dalam penulisan tulisan online adalah teknik SEO.

Cara dan Tips Mudah Riset keyword Untuk Sebuah Blog

Dalam teknik SEO, kita mengenal yang namanya keyword. Keyword merupakan kata kunci. Sebuah kata yang digunakan untuk memudahkan mesin pencari mengindeks artikel yang sudah kita tulis. Dengan memilih dan menggunakan keyword yang sesuai, maka kemungkinan artikel bertengger pada pencarian pertama google semakin besar.

Cara Mencari Keyword

Sebelum melakukan proses pencarian, hal pertama yang kita lakukan adalah mengetahui hal-hal penting dalam penentuan keyword. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat mencari sebuah kata kunci.

Ketika akan melakukan riset kata kunci, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah volume pencarian. Volume pencarian ini maksudnya berapa jumlah pencari. Kata kunci yang akan digunakan memiliki banyak visitors apa tidak. Jika memiliki jumlah pencarian dan klik yang banyak maka kita bisa menggunakannya.

Tidak hanya volume pencarian. Kesulitan kata kunci juga menjadi perhatian. Kata kunci tidak bisa langsung digunakan. Lihatlah kesulitan dalam persaingan. Semakin sulit sebuah kata kunci muncul dihalaman pertama maka akan memperkecil peluang artikel kita muncul dihalaman pertama. Butuh banyak backlink dan visitor agar artikel beranjak naik.

Tetapi, bagaimana akan memiliki backlink dan visitor banyak jika artikel tidak muncul dihalaman awal Google. Berdasarkan sebuah riset, sekitar 75 persen pengguna internet hanya akan membuka artikel yang muncul dihalaman awal google. Jadi hanya artikel yang terlihat saja. Itupun tidak semua yang muncul dihalaman awal.

Kebanyakan artikel yang dibuka adalah artikel yang ada diurutan teratas. Nah, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah saran kata kunci. Pada saat menuliskan sebuah kata pada mesin pencari, biasanya akan muncul banyak saran. Saran kata kunci ini bisa kita gunakan dalam tulisan. Saran kata kunci yang muncul biasanya berupa kata kunci panjang.

Kata kunci yang muncul biasanya lebih dari tiga kata. Kata kunci semacam ini biasa disebut long tail keyword. Jenis kata kunci ini memiliki persaingan yang tidak terlalu ketat. Berbeda dengan short keyword. Jadi bagi para pemula disarankan untuk menggunakan long tail keyword saja. Nah, jadi hal mendasar yang perlu diperhatikan pada saat riset keyword misalnya jasa backlink pbn.

Setelah mempertimbangkan ketiga hal tersebut, hal berikutnya adalah memanfaatkan tools pencari kata kunci. Banyak tersedia alat-alat yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci. Mulai dari mengetahui jumlah visitors sampai tingkat persaingan yang terjadi. Beberapa tools tersedia premium alias berbayar dan ada yang gratis.

Perbedaan keduanya tentu sangatlah jelas. Untuk yang gratis tingkat keakuratannya tidak terlalu tinggi. Berbeda dengan yang premium. Meskipun kurang akurat, mesin atau alat gratisan nyatanya masih sangat bermanfaat. Tools gratisan tetap bisa menunjukkan fakta dan data yang nyata.

Kalian bisa mencari berbagai tools yang bisa digunakan untuk mencari kata kunci. Silahkan search pada mesin pencari atau Tanya dengan para master seo yang kalian kenal. Gunakan yang gratisan saja bagi para pemula. Karena yang gratisan juga tidak terlalu jelek. Namun hasilnya tetap bisa digunakan dengan baik.