Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar Terpopuler untuk Dipelihara

Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air tawar – salah satu hobi yang cukup digemari bagi semua kalangan, warnanya yang menawan dan bentuknya yang unik menjadi daya tarik ikan hias untuk dipelihara. Setelah beraktivitas seharian, tentunya kamu ingin ada hiburan untuk melepas stress dan penat, maka ikan hias dapat menjadi solusi untuk ini. Selain itu, menambah sentuhan hiasan seperti aquarium atau kolam sebagai wadah memelihara ikan hias dapat mempercantik ruangan di rumah yang bisa dinikmati untuk santai bersama keluarga.

Berikut ini lima rekomendasi ikan hias air tawar terpopuler yang dapat kamu pelihara;

1. Ikan Guppy (Poecilia Reticulate)

Ikan Hias Air Tawar

Ikan Guppy salah satu ikan hias air tawar yang paling banyak digemari oleh masyarakat, ukurannya yang mungil dengan variasi warna yang menarik seperti; hijau, biru, kuning, hitam dan lain-lain, serta bentuknya yang unik, misal, ekornya yang bulat dan melebar sepeti kipas dengan warna yang kontras sangat menarik untuk dilihat.

Selain itu, ikan Guppy memiliki kemampuan adaptasi yang baik sehingga mudah dipelihara dan tidak memerlukan perawatan khusus. Eksotis, indah, dan menawan, ikan ini dapat menjadi rekomendasi ikan hias untuk dipelihara.

2. Ikan Cupang (Betta splenders)

Ikan Cupang dikenal dengan banyak sebutan seperti; ikan laga, ikan petarung, ikan aduan, dan fighting fish, hal ini karena sifat agresifnya tinggi, sehingga sangat tidak dianjurkan memelihara ikan ini dalam satu wadah. Sebagian penggemar ikan ini khususnya kalangan remaja, menyukai gaya bertarung pada ikan ini.

Namun, selain gaya bertarungnya yang disukai, daya tarik ikan Cupang ada pada pola dan corak warna ekornya yang unik, apalagi saat memamerkan dan menggibaskan ekornya. Memelihara ikan ini juga cukup mudah, tidak membutuhkan wadah yang besar, cukup sediakan toples atau semacamnya, kamu sudah dapat menikmati keindahakan ikan ini. Menarik bukan?.

3. Ikan Mas Koki (Carrasius Auratus)

Ikan Mas Koki merupakan ikan hias yang masih satu kerabat dengan ikan Mas (Cyprinis Carpio L), pada tahun 1980-an ikan ini pernah tren di kalangan masyarakat, tingkahnya yang lucu dan bentuk tubuhnya yang gempal bulat menjadi keunikan ikan ini. Corak warna pada ikan ini juga cukup bervariasi merah, hitam, putih, ataupun kombinasi warna tersebut.

Ikan Mas Koki masih menjadi primadona di kalangan pecinta hias, di Tiongkok ikan ini dipercaya dapat mendatangkan hoki dan rezeki, bahkan pemerintah Tiongkok sampai membangun sebuah taman khas untuk ikan ini dengan dihiasi banyak aquarium yang disi dengan ikan Mas Koki, unik bukan? ikan ini dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu.

4. Ikan Arwana (Scleropages Formosus)

Mendengar nama ikan Arwana, tentunya tidak asing ditelinga kita, di kalangan pecinta ikan hias baik Indonesia maupun mancanegara ikan ini sangat populer bahkan dijuluki sebagai ‘raja ikan hias’. Pecinta ikan ini biasanya adalah kalangan menengah keatas karena harganya yang relatif mahal dan menjadi prestige tersendiri jika memiliki ikan ini.

Baca Juga : Berbagai Jenis Musang Yang Unik dan Istimewa

Tubuhnya yang memanjang dengan corak warna yang indah dan saat berenang ikan ini mirip seperti naga terlihat sangat eksotis, maka tidak heran setidaknya bagi pencinta ikan hias memiliki satu ikan ini di aquariumnya. Bagaimana kamu tertarik memelihara ikan Arwana?

5. Ikan Koi (Cyprinus Carpio)

Ikan Koi yang berasal dari negara Jepang, sangat populer di masyarakat Indonesia, keindahan ornamen warna yang dimiliki ikan ini dan dapat jinak pada pemilikinya merupakan kelebihan dari ikan ini. Ikan Koi dapat dipelihara di kolam (indoor) maupun (outdoor).

Saat ini, Ikan Koi sudah banyak dibudidayakan karena harga ekonomisnya yang tinggi, kamu dapat memilih ikan Koi sebagai peliharaan di rumah bahkan membudidayakannya dan mendatangkan pundi-pundi rupiah dari memelihara ikan Koi.