Ingin Menggunakan Lantai Vinyl untuk Kantor? Pilih dari 5 Jenis Ini

Gildedgossip.com – Jika ada yang bertanya, apa sih jenis lantai yang tepat untuk kantor? Tentu saja ada banyak. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah lantai kantor harus kuat karena akan dipijak menggunakan alas kaki setiap hari. Oleh karena itu resiko cepat rusak pun akan meningkat. Jika menggunakan karpet terlalu mahal, cobalah memilih lantai vinyl. Kini begitu banyak jenisnya seperti vinyl tile hingga roll yang motifnya beragam. 

Lantai Vinyl untuk Kantor

Selain kuat dan juga memiliki banyak model, lantai vinyl sangat mudah untuk dirawat. Tidak butuh bahan khusus, perawatannya mirip seperti lantai keramik. Anda bisa membersihkannya dengan pel dan obat pembersih lantai. Jika terdapat debu bersihkan dengan sapu. Karena perawatannya yang mudah, maka lantai juga bisa bertahan lebih lama. 

Jenis-Jenis Lantai Vinyl yang Cocok untuk Kantor

Apapun jenisnya baik itu vinyl tile atau roll, tidak semuanya cocok digunakan untuk lantai kantor. Ada beberapa lantai yang justru hanya cocok untuk digunakan di rumah. Seperti corak lantai vinyl bunga-bunga dengan warna cerah. Jadi Anda harus memerhatikan jenis hingga motif serta warnanya.  Berikut ini beberapa pilihan lantai vinyl yang cocok untuk digunakan pada kantor secara umum. 

Vinyl plank dengan motif kayu

Lantai vinyl ada juga yang memiliki motif kayu bahkan jika dilihat sekilas akan terlihat seperti parket. Karena motifnya ini, maka ruangan kantor akan tampak mahal dan kesan kayu akan mendekatkan ruangan dengan suasana alami. Ada berbagai warna natural kayu dari vinyl yang bisa dipilih, dari warna cokelat hingga keabuan. Pilih warna yang sesuai dengan gaya desain ruang kantor, seperti minimalis maka warna cokelat muda yang terang lebih baik digunakan. 

  • Vinyl tile dengan motif marmer

Bentuk dari lantai ini persegi sehingga lebih mudah disusun dan disesuaikan dengan ukuran. Anda tidak akan membuang lebih banyak bahan setelah membuat ukuran yang tepat. Khusus untuk vinyl ini motif yang cocok adalah marmer karena akan memberikan kesan elegan pada kantor. Warna marmer yang tersedia ada beberapa seperti, warna marmer yang kuning kecoklatan atau abu-abu. 

  • Vinyl roll motif kayu

Vinyl roll motif kayu

Masih dengan motif kayu, jika Anda merasa vinyl plank kurang cocok bisa memilih lantai vinyl roll. Jenis ini juga menyediakan motif kayu dengan warna yang lebih bervariasi. Uniknya dari vinyl ini adalah bentuk kayu tidak hanya disusun seperti vinyl plank yaitu arah horizontal saja. Beberapa jenis memiliki motif kayu yang disusun arah diagonal hingga memiliki kesan yang sangat berbeda. Hanya saja vinyl jenis ini lebih boros karena Anda harus membeli dalam bentuk gulungan. 

Ketiga jenis lantai vinyl tersebut bisa Anda dapatkan di pasaran saat ini. Karena penggunaannya dalam ukuran luas maka sebaiknya Anda melakukan survey harga. Bandingkan harga kemudian baru pesan, karena dalam jumlah besar biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama hingga akhirnya lantai terpasang. 

Satu trik ketika Anda ingin memilih lantai vinyl murah untuk kantor yaitu hindari menggunakan vinyl yang polos apalagi berwarna putih. Anda mungkin berpikiran untuk mendapatkan warna yang lebih terang dan bersih, namun warna tersebut justru akan berakibat sebaliknya. Karena dipijak dengan alas kaki, vinyl berwarna putih akan cepat kotor dan rusak. 

Sebagai perawatan, sebaiknya gantilah lantai vinyl tile atau vinyl plank yang sudah mengelup. Jadi manakah kira-kira jenis vinyl yang hendak Anda pilih?