Kenali Angkasa Lebih Jauh! Planetarium Sekitar Jawa Tengah Ini Wajib Dikunjungi

Melihat angkasa dengan mata telanjang memang tidak mungkin, hanya sebagian kecil saja yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Maka dari pada itu tidak ada salahnya mengisi liburan dengan mengunjungi Planetarium. Apa itu planetarium? Tempat ini merupakan sebuah lokasi wisata yang bertemakan edukasi, di mana akan memberikan informasi secara singkat apa saja yang ada di luar angkasa.

Tentu saja semuanya mencangkup planet dan juga bintang. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan merasakan banyak sekali pengalaman seru ketika mengunjungi planetarium. Nah, ternyata Indonesia sendiri mempunyai beberapa planetarium, salah satunya adalah di sekitar Jawa Tengah. Tentu saja ini akan menjadi tempat wisata di Jawa Tengah yang sangat wajib untuk dikunjungi.

Daftar planetarium yang menjadi tempat wisata di Jawa Tengah dan sekitarnya

Bagi masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya yang ingin mengunjungi planetarium sendiri tidak perlu bingung mencarinya. Hal ini sendiri dikarenakan ada beberapa planetarium yang berada di sekitar Jawa Tengah yang tentu saja bisa dikunjungi. Nah, di bawah ini ada beberapa destinasi edukasi planetarium di sekitar Jawa Tengah yang wajib dikunjungi.

1. Planetarium UIN Walisongo

Kepastian akan pembangunan planetarium di UIN Walisong masih berlangsung hingga sekarang. Walaupun masih dalam tahap pembangunan, planetarium yang akan menjadi tempat riset bagi para mahasiswa ini ternyata akan dibuka secara umum. Di mana Rektor UIN Walinsongo telah menyatakan akan menjadikan planetarium ini sebagai tempat wisata daerah Jawa Tengah. Diharapkan dengan adanya planetarium ini, masyarakat dapat memperoleh info tentang kejadian di angkasa dan juga riset yang sedang dilakukan.

Tentu saja hadirnya planetarium ini menjadi salah satu hal yang paling dinantikan, mengingat ini akan menjadi observatorium dan planetarium ini akan merupakan yang pertama di Jawa Tengah. Sama seperti konsep planetarium pada umumnya, di mana pengunjung bisa melihat bintang lebih dekat di ruangan khusus yang akan menjelaskan semua benda yang ada di angkasa luar.

Sedangkan observatorium akan diisi oleh berbagai macam alat seperti teropong bintang, teleskop dan lain sebagainya yang digunakan pada saat melakukan penelitian. Wah, sudah pasti planetarium di UIN Walisongo ini akan menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang paling dinantikan dan wajib dikunjungi oleh masyarakat.

2. Taman Pintar, Yogyakarta

Nah, sembari menunggu pembangunan planetarium di UIN Walisongo selesai tidak ada salahnya Anda yang tengah mencari tempat wisata di daerah Jawa Tengah bergeser sedikit ke DI Yogyakarta yang ternyata menyimpan planetarium yang bisa di kunjungi, yaitu Taman Pintar. Walaupun letaknya tidak tepat di Provinsi Jawa Tengah, namun Taman Pintar ini menjadi destinasi edukasi yang sangat tepat. Di mana tentu saja dapat membantu Anda mengenali berbagai macam benda yang ada di langit. Planetarium Taman Pintar, Yogyakarta ini sendiri memberikan pengalaman yang sangat berbeda.

Di mana ketika Anda berada di dalam planetarium, Anda akan diajak segala macam jenis benda angkasa seperti matahari, bulan serta bintang yang indah. Planetarium yang ada di Taman Pintar sendiri menggunakan proyektor digital dan merupakan planetarium keempat yang dibangun di Indonesia. Walaupun tidak memiliki observatorium, namun tentu dapat menjadi destinasi edukasi yang tepat bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata daerah Jawa Tengah.

Itu adalah beberapa destinasi edukasi planetarium yang berada di Jawa Tengah dan sekitarnya. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih dalam tentang luar angkasa, planetarium memang merupakan tempat wisata yang sangat tepat. Tentu saja akan sangat cocok bagi Anda yang memang ingin mencari tempat wisata di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut bersama keluarga dan kelompok kelompok ataupun organisasi maka anda bisa sewa bus pariwisata murah di sewabusmurah.co.id