Mesin Perata Beton

 

Mesin perata beton atau bisa disebut power trowel. Mesin ini adalah sebuah alat yang didesain untuk menghaluskan proses pembuatan beton dengan mudah. Mesin perata juga memiliki fungsi selain menghaluskan proses pembuatan beton yaitu menghaluskan lantai yang terbuat dari beton atau jenis lantai andhesit.

Mesin perata beton adalah sebuah bentuk kemajuan teknologi yang menyenangkan karena diciptakan untuk mempermudah kerja para tenaga kerja dan dapat dengan menggunakan mesin ini bisa menghasilkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat lagi. Dahulu sebelum menggunaka mesin perata beton ini para tenaga kerja hanya menggunakan tangan mereka untuk meratakan beton beton yang dibuatnya. Namun seiring perkembangan zaman termasuk perkembangan tekonologi ini membuat kita bisa merasakan juga perubahannya bahkan dalam urusan pekerjaan ini.

Selain itu, mesin ini juga mudah ditemukan di berbagai toko mesin alat bangunan. Cara menggunakan perata beton ini pun bisa dikatakan mudah dikarenakan sudah sangat canggih dan teruji tentunya. Jadi cara pengoprasiaannya cukup mudah yaitu operator hanya tinggal menyalakan power trowel (mesin perata beton) lalu mengoperasikan dengan cara menggerakan tuas. Dan mesin perata beton ini berbahan bakar bensin sehingga cocok digunakan di tempat yang jauh dari sumber listrik sehingga geraknya lebih fleksibel karena tidak dibatasi panjang kabel.

Apa keuntungan memakai mesin perata beton daripada menggunakan tangan?

Keuntungannya jika dibandingkan dengan proses penghalusan permukaan beton menggunakan tangan dan penggunaan dengan mesin trowel yaitu jika menggunakan mesin perata beton ini mampu menghasilkan permukaan beton yang lebih kuat, awet, dan rapi. Dan yang jelas membuat pekerjaan lebih cepat selesai karena mesin ini memiliki kecepatan mesin yang cukup tinggi yaitu sekitar 100 rpm. Sedangkan jika menggunakan manual tangan tanpa alat bantuan akan memperlambat pekerjaan karena kekuatan tangan yang terbatas. Dan hasilnya kurang maksimal dan tidak cukup rata sebab bisa jadi ada perbendaan antara tenaga kerja satu dengan yang lain dari segi keahliannya.

Bagaimana cara baik merawat mesin perata beton ini?

Mesin perata beton ini memilki ukuran yang cukup besar sehingga memerlukan waktu khusus untuk merawatnya. Dan cara merawatnya yaitu dengan membersihkan menggunakan air sambil menggosok- gosok jika ada sisa beton sehingga dapat hilang. Setelah dibersihkan menggunakan air , jangan lupa membersihkan dengan kain lap yang kering supaya tidak ada bekas air yag tersisa sehingga mesin tetap awet ,terjaga kelembabannya dan tidak berkarat pula. Karena perata beton ini juga ada yang menggunakan bahan dari besi yang mungkin saja rentan untuk berkarat. Dan setelah dibersihkan dapat disimpan dalam ruangan yang tidak lembab udara.

Mengapa harus menggunakan mesin perata beton?

Kerana untuk hasil maksimal dan rapi harus melalui proses penghalusan terlebih dahulu . Dan salah satu caranya membuat rapi, kuat dan awet yaitu proses pembuat yang baik juga melalui mesin perata beton ini.

Dan karena pentingnya melakukan proses perataan menggunakan mesin perata beton ini yaitu :

  • Agar dapat mencegah terjadinya rongga udara pada lantai berbahan beton atau saat pemasangan ubin dari bahan beton juga. Karena jika hasil cor yang kurang penuh dan kurang rata akan membuat rongga baru dari celah yang kurang penuh dan rata tersebut yang dapat mengakibatkan cepat rapuh dan tidak tahan lama.
  • Agar terlihat indah, karena peton yang tidak rata akan terlihat tidak rapid an tidak indah dilihat.
  • Agar memudahkan proses pembangunan selanjutnya baik dari proses pemasangan, pengecatan dan yan g lain Karena beton sudah dilakukan proses perataan yang dapat dikatakan telah teruji dan terjamin.